Opini

Surat Untuk Aktivis

Saudaraku yang dirahmati Allah,

Segenap puji hanyalah milik Allah swt yang senantiasa melimpahkan nikmat karunia-Nya kepada kita sekalian. Sholawat teriring salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. Juga kepada keluarga beliau, para sahabat serta umatnya yang senantiasa istiqomah dalam menjalankan ajaran Islam yang beliau bawa sampai akhir jaman kelak.

Saudaraku yang dirahmati Allah swt,

Kita tahu bahwa seluruh amal perbuatan seorang manusia pasti akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah swt kelak. Terlepas dari baik dan buruknya perbuatan tersebut, sungguh Allah maha mengetahui apa yang telah dilakukan oleh kedua tangan, kedua kaki, dan seluruh anggota tubuh seorang hamba. Bahkan Allah mengetahui apa yang  terbersit dalam hati dan pikirannya.

Saudaraku yang dirahmati Allah swt,

Seringkali seseorang mendapat penilain (baik atau buruk) dari sesama manusia karena apa yang telah dilakukannya. Namun perlu disadari, penilaian yang diberikan oleh manusia itu belum tentu sesuai dengan penilaian dari Allah swt. Karena Allah swt maha mengetahui isi hati seseorang, Dia mengetahui niat dan motivasi  manusia saat melakukan suatu perbuatan. Oleh karena itu, boleh jadi Allah swt memiliki penilaian berbeda dari penilaian yang diberikan oleh manusia kepada seseorang.

Saudaraku yang dirahmati Allah swt,

Di luar sana pasti banyak orang pernah mendapatkan penilaian (baik atau buruk) itu dari sesama manusia. Begitupula kita para aktivis dan para pengemban da’wah tidak bisa lepas dari penilaian itu. Ada yang dikagumi karena keluasan ilmu dan kepadatan aktivitas da’wahnya. Ada yang disegani karena ketegasan sikapnya. Ada yang dijadikan contoh bagi yang lain karena keistiqomahannya, dan lain sebagainya. Tapi banyak juga yang biasa-biasa saja, bahkan ada juga yang dianggap keberadannya dalam barisan da’wah sama dengan tidak adanya–karena berbagai kelemahan dan kekurangan yang ia miliki–, dan lain sebaginya. Itulah manusia, mereka hanya menilai menurut yang mereka lihat dan mereka ketahui saja, tidak lebih. Mereka tidak pernah tahu isi hati, niat dan motivasi sebenarnya yang dimiliki oleh orang yang dinilainya itu.

Berbeda dengan manusia, sungguh Allah swt maha mengetahui seluruh perkara nyata dan perkara ghoib. Setiap perasaan, pikiran dan getaran hati seseorang merupakan perkara ghaib. Begitu pula niat dan motivasi seseorang juga merupakan perkara ghoib. Oleh karena itu, selain dirinya hanya Allah sajalah yang mengetahui seluruh perkara tersebut. Sehingga, bagi orang yang mendapatkan nilai baik dari manusia misalnya, ia akan mampu memposisikan dirinya secara jujur dan objektif serta akan mampu menimbang apakah penilaian tersebut layak atau tidak bagi dirinya, karena setiap manusia yang bernurani pasti akan mampu berbuat jujur terhadap dirinya sendiri. Begitu pula ketika ia mendapat nilai buruk dari manusia, ia bisa menimbang apakah penilaian itu tepat atau tidak bagi dirinya. Ia tidak akan mampu memungkiri bahwa hanya Allah dan dirinyalah yang mengetahui niat dan motivasi dibalik setiap perbuatannya..

Saudaraku yang dirahmati Allah swt,

Bagi kita para aktivis dan pengemban da’wah, penilaian manusia itu tidaklah penting. Yang terpenting bagi kita adalah penilaian dari Dzat yang maha mengetahui yakni Allah swt. Biarlah manusia menilai diri kita semau mereka, biarlah kita hina di mata mereka, biarlah kita rendah dalam pandangan mereka. Asalkan dalam pandangan Allah kita mulia.

Saudaraku yang dirahmati Allah swt,

Oleh karena itu, niatkanlah bahwa setiap amalan yang kita lakukan hanya untuk menggapai keridhoan-Nya. Kuatkanlah motivasi perjuangan kita hanya untuk meraih syurganya. Setelah itu, pertinggilah ilmu dan pemahaman kita terhadap ajaran-Nya yang akan kita sampaikan kepada umat. Dan teruslah berusaha dengan kemampuan yang dimiliki untuk berjuang menyebarkan hidayah Allah kepada sesama manusia. Itulah modal kita untuk mendapat nilai baik dari Allah swt.

 

 

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: