Opini

Time is Gold

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Dengan adanya waktu, kita berkesempatan melakukan apa yang direncanakan. Mulai dari kegiatan pribadi sehari-hari sampai dengan merealisasikan impian-impuian kita yang besar.

Namun sayang, banyak orang yang menyia-nyiakan waktu ini. Mereka seakan tidak menyesal dengan berlalunya waktu sementara mereka tidak melakukan apa-apa untuk kehidupannya. Kesehariannya hanya dihabiskan untuk bersenang-senang serta tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitar. Dalam benaknya hanya ada kesenangan dan hura-hura. Hidupnya dipenuhi aktifitas iseng dan kurang bermakna.

Jika demikian yang terjadi, lantas apa yang akan diperolehnya selain kesenangan pribadi yang sesaat? Tentu kerugian besarlah yang akan didapat. Allah berfirman : “Demi masa, sungguh manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang beriman dan mengerjakan amal  sholeh serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran” (TQS. al-‘Ashr [103] : 1-3)

Menurut firman Allah tersebut, jika tidak ingin merugi, kita harus melakukan beberapa tindakan. Setelah beriman, kita dituntut untuk melakukan amal sholeh (dengan mengerjakan seluruh perintah Allah). Selanjutnya, kita pun harus saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Wujud saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran adalah dengan melakukan aktifitas dakwah. Dalam istilah lain sering disebut sebagai amar ma’ruf dan nahi munkar.

Aktifitas ini akan mendatangkan beberapa keuntungan bagi pelakunya. Selain pahala dari sisi Allah, juga akan menciptakan kondisi masyarakat yang diridhoi Allah sekiranya dakwah ini berhasil. Dengan dakwah yang kontinyu, masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya menjalankan syariat Allah. Setelah itu mereka akan sangat merindukan kehidupan di bawah naungan syariat. Jika sudah demikian, pastilah Allah akan menurunkan keberkahan dalam kehidupan ini. Tidakkah kita mengimpikannya?

Marilah kita  memanfatkan waktu yang sangat berharga itu untuk menggapai mimpi kita. Mimpi yang pasti diridhoi Allah. Marilah lita jalani aktifitas dakwah untuk tegaknya syariat Allah di bumi ini. Sehingga, waktu kita tidak terbuang sia-sia.

Diskusi

2 thoughts on “Time is Gold

  1. Buang-buang waktu sama ja dgn buang2 umur….lam kenal jg….kunjungan balik neh…hehe..

    Posted by Mia | 15/02/2009, 14:48
  2. Oya, Trims atas kunjungan baliknya 🙂

    Posted by Nurul Ichwan | 15/02/2009, 14:48

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: